Rabu, 31 Desember 2014

Manfaat dan kandungan jamur tiram

Jamur tiram tak diragukan juga memiliki manfaat dalam pengobatan. Diantaranya adalah sebagai berikut;
1. Meningkatkan Sel Darah Merah (Eritrosit)
Kandungan zat besi dan niasin dalam jamur sangat berguna dalam pembentukan sel-sel darah merah. Seperti yang kita ketahui, sel-sel darah merah merah merupakan komponen terbesar dalam darah, jumlahnya 45 – 60% dari volume darah dalam tubuh.
2. Menurunkan Kolesterol
Jamur tiram juga mengandung serat tinggi, sehinggabermanfaat dalam menurunkan kepekatan lemak dalam darah, mengeluarkan kolesterol dan mencegah penyerapan berlebih dari makanan yang kita konsumsi.
3. Mengobati Kanker
Kandungan polisakarida lentinan dalam jamur tiram dipercaya mampu menekan pertumbuhan sel – sel kanker, khususnya kanker kolon. Setidaknya, penderita kanker membutuhkan jamur tiram sekitar 1 kg jamur tiram per hari atau 7 kg per minggu selama 6 bulan demi pengobatan.
4. Tambahan gizi untuk ibu hamil
Kandungan zat gizi penting lainnya dalam jamur tiram adalah asam folat. Asam folat diperlukan dalam sintesis timidin, yaitu salah satu bagian pembentukan DNA. Karena itu, agar kandungan asam folat didalam jamur tidak rusak , maka jamur tiram tidak boleh dimasak dalam suhu yang terlalu tinggi. Asam folat ini sangat dibutuhkan pada masa kehamilan, menyusui, metabolisme berlebihan, hingga bagi penderita kanker.
Karena kandungan kalorinya rendah, jamur tiram ini boleh dimakan sekehendak hati atau bebas tanpa memperhitungkan banyaknya. Justru makin banyak akan membuahkan hasil makin bagus pada kesehatan badan / jasmani manusia.
Garis besarnya, manfaat jamur tiram adalah berfungsi menekan kolesterol jahat didalam darah, menyerap kelebihan kadar gula dalam darah dan menyeimbangkan metabolisme tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar